Pengukuran Magnetik di Andesit Mining Site, Sukabumi, Jawa Barat

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Geofisika Pertambangan, mahasiswa Teknik Geofisika 2016, melakukan pengukuran magnetik di Andesit Mining Site, Sukabumi Jawa Barat. Akuisisi magnetik tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 20 April 2019. Seperti diketahui bahwa metode magnetik adalah salah satu metode geofisika yang digunakan untuk menyelidiki kondisi permukaan bumi dengan memanfaatkan sifat kemagnetan batuan yang diidentifikasikan oleh kerentanan magnet batuan.

Tujuan metode magnetik yang dilakukan adalah untuk mengidentifikasi struktur intrusif pada batuan andesite. Pengukuran dilakukan pada saat tengah hari dimana adanya solar wind yang sangat tinggi, sehingga membuat data bacaan menjadi tinggi, kemudian daerah yang dilakukan pengukuran berada pada elevasi yang sangat tinggi dengan perbedaan ketinggian berkisar 100 m.

“Meskipun terjal kami sangat optimis akan mendapatkan terget-target yang kami teliti dan lagi data tersebut bisa menjadi saran kepada perusahaan pertambangan untuk melanjutkan menambang pada kedalaman yang sudah diketahui nantinya oleh metode magnetik” ujar ketua kelompok akuisisi tersebut.

Penulis: Fanzly Togap Zisochi Lase
Editor: Mohammad Heriyanto