Perkuliahan

Deskripsi Mata Kuliah Utama

Mata kuliah Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina mencakup sebagai berikut:

Tahun I: Mahasiswa akan mempelajari sains dan matematika yang menjadi landasan untuk mempelajari metode-metode Geofisika. Selain itu, mahasiswa juga diberikan dasar-dasar kemampuan komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan solutif.

Contoh matakuliah: Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia, Geologi Fisik, Bahasa Inggris, Tata Tulis Karya Ilmiah, Berpikir Kritis, dan Berpikir Solusi Kreatif.

Tahun II: Mahasiswa diperkenalkan kepada Matematika Lanjut, dasar-dasar Ilmu Geofisika, komputasi, Geologi, dan engineering yang akan menjadi fondasi untuk metode-metode Geofisika di tahap lanjut.

Contoh matakuliah: Matematika Teknik, Metode Komputasi, Metode Numerik, Gelombang dalam Geofisika, Sedimentologi, Geologi Struktur, dan Teori Potensial

Tahun III: Mahasiswa akan mempelajari metode-metode Geofisika seperti, Metode Gaya Berat, Geomagnetik, Geolistrik, Elektromagnetik, dan Seismik beserta aplikasinya dalam Eksplorasi Energi dan Mitigasi Bencana Alam. Mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan pengukuran sifat fisis bumi di lapangan berdasarkan teori yang mereka pelajari di dalam kelas.

Contoh matakuliah: Gaya Berat dan Magnet, Geolistrik dan EM, Akuisisi dan Pengolahan Data Seismik Refleksi, Kuliah Lapangan, Manajemen Proyek Geofisika

Tahun IV: Mahasiswa menerapkan dan mengintegrasikan metode-metode Geofisika yang telah dipelajari untuk menyelesaikan sebuah permasalahan nyata yang telah didesain oleh dosen dan praktisi. Mahasiswa diharuskan untuk berintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Pada tahun keempat ini, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan komunikasi serta persiapan memasuki dunia kerja.

Contoh matakuliah: Proyek Terintegrasi Eksplorasi dan Produksi, Teknik Penulisan dan Presentasi Ilmiah, Persiapan Memasuki Dunia Kerja.